Update Covid-19, Potensi Penularan Masih Terjadi

Praba   29 June 2020

Samarinda, Perkembangan terbaru penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur masih menunjukan potensi penyebaran yang  masih sangat tinggi.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan potensi dan kecenderungan penyebaran virus korona di Kaltim masih saja terjadi.

“Melihat data hari ini, diketahui jika potensi penularan  Covid-19 di Kaltim masih saja terjadi. Kebijakan relaksasi harus benar-benar diikuti dengan analisa data-data etimolog yang baik,” ujarnya pada rilis terbaru Covid-19 di Samarinda, Senin (29/6).

Dijelaskan jika pada Senin, 29 Juni 2020, telah terkonfirmasi sebanyak tujuh orang yang Positif virus korona ini. Ke tujuh orang tersebut berasal dari satu kasus di Kabupaten Kutai Kartanegara dan enam kasus lainnya di Kota Balikpapan.

“Disamping tujuh orang terkonfirmasi Positif, dilaporkan juga terdapat satu orang pasien yang berstatus Sembuh setelah dua kali pemeriksaan laboratorium. Satu pasien ini berasal dari Kabupaten Berau,” jelas Andi.

Data hari ini juga menunjukan, dari sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim, terkonfirmasi Positif tertinggi masih berada di Kota Balikpapan dengan jumlah kasus sebanyak 181 diikuti oleh Kutai Kartanegara sebanyak 69 dan Samarinda sebanyak 68 kasus. Di Kutai Timur jumlah pasien Positif sebanyak 49 orang dan di Berau sebanyak  43 orang. Kabupaten Kutai Barat terdapat 32 Positif, Paser 29, Penajam Paser Utara sebanyak 23 dan Kota Bontang 16. Sedangkan Kabupaten Mahakam Ulu, tercatat masih bebas dari pasien Positif Covid-19.(YUL)

Foto: Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak