Taxi Babinsaā€¯ Bantu Petani dan Warga Desa Disaat Pandemi Covid-19

Praba   04 September 2020

 

Samarinda --  Bintara Pembina Desa (Babinsa) anggota Komando Resort Militer 0909-07/Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur, berinisiatif menyediakan alat transportasi yang dinamai “Taxi Babinsa”, untuk membantu warga desa yang umumnya sebagai petani.

Menurut Sersan Kepala (Serka) Agus Nggilu alat transportasi ini adalah salah satu stimulan bagi warga untuk lebih produktif lagi, terutama mendorong ketahanan pangan saat masa pandemi Covid-19 ini.

Jalan desa yang sebagian besar masih berupa jalan tanah, sangat menyulitkan untuk pergi dan pulang dari kebun mereka. Terlebih, ketika warga membawa hasil pertanian mereka.

"Saat ini kondisi cuaca tidak menentu dan menyulitkan warga binaan untuk berladang, mengangkut pupuk ataupun hasil panen, untuk itulah kami mencoba merealisasikan Taxi Babinsa ini dan alhamdulilah dapat membantu warga dengan optimal," ucapnya, Jumat, (4/9/2020).

Lanjut Serka Agus, alat transportasi ini selain untuk mengangkut sarana prasarana pertanian, diharapkan juga dapat mengangkut hasil pertanian. Sehingga memudahkan warga, yang terdampak Covid-19 untuk dapat meningkatkan pendapatan keluarga dari hasil pertanian.

Dituturkannya, tidak ada biaya yang dikenakan kepada warga yang menggunakan jasa dari “Taxi Babinsa” tersebut. Serka Agus berharap tersedianya alat transportasi ini dapat memberikan motivasi dan dorongan agar warga binaannya dapat terus meningkatkan hasil pertanian dan ladang mereka.

"(Semuanya) gratis, karena kami bekerja untuk masyarakat dan kami memang tidak mengharapkan imbalan (dari masyarakat)," ujarnya.

Atas inisiatif Serka Agus ini, Komandan Resort Militer 0909-07/Teluk Pandan Kapten Arh Muji mengapresiasi apa yang dilakukan oleh anggota Babinsanya tersebut. Ia menilai anggotanya telah melaksanakan tugasnya sebagai Babinsa dengan baik dan bertanggung jawab serta,  selalu dekat dengan warganya dalam menjaga kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dapat terwujud.

"Semoga apa yang dilakukan oleh anggota personil tersebut dapat menjadi suatu pendongkrak semangat warga binaan untuk terus produktif dalam menghasilkan produk-produk pertanian," harapnya.(YUL)