Sempat Test Swab Negatif, Pekerja TA PKT Meninggal

Praba   03 July 2020



BONTANG - Seorang pasien terkonfimasi positif Covid-19 yakni BTG 15 yang yang sempat dirujuk ke RSUD Taman Husada Bontang dikabarkan meninggal dunia, Jumat (3/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang dr. Bahauddin membenarkan kabar beredar tersebut saat dihubungi melalui sambungan telepon.

“Iya benar meninggal pagi ini sekitar pukul 08:00 wita,” kata Bahauddin.

Dijelaskannya, BTG15 memiliki dua penyakit komorbid (bawaan) yang diderita. “Kalau saya tidak salah, BTG-15 memiliki penyakit jantung dan ginjal.  Tapi yang menjadi penyakit utamanya adalah ginjal,” ungkapnya.

Jenazah akan dimakamkan pada hari ini dan tengah  proses persiapan. Pemakaman pasien akan dilakukan dalam protokol pemulasaran Covid-19. 

“Dimakamkan hari ini juga. Ini lagi dalam proses,” tuturnya.
 
Sebagai pengingat, BTG-15 merupakan laki-laki berusia 54. Dia berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Dan urusan ke Bontang untuk bekerja di proyek TA Pupuk Kaltim. Sebelumnya BTG-15 menjalani swab di RS Pertamina, Surabaya pada 3 Juni. Hasil keluar pada 5 Juni, negatif.

BTG-15 sempat mengeluhkan demam, batuk, dan keram pada Senin (18/6/2020). Segera ia dilarikan ke RS Swasta, diinapkan, dan langsung ditetapkan sebagai ODP.

Sampel swab BTG-15 diambil pada 15 Juni. Selang tiga hari berikutnya, tepatnya Kamis (18/6) hasil keluar. Ia dinyatakan terkonfirmasi positif dan dirawat di RS yang sama dengan BTG-14. (*)