Positif Covid-19 Klaster Gang Jeruk Bertambah Lagi

Praba   04 September 2020



BERAU- Dinas Kesehatan ( Dinkes ) Kabupaten Berau, Kalimantan Timur kembali mengeluarkan laporan perkembangan kasus Covid-19, Jumat (4/9).

 

Melalui Kelala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi menyebutkan bahwa, ada penambahan kasus positif Covid-19 dari klaster Gang Jeruk sebanyak 4 pasien.

 

"Berdasarkan hasil tracking terhadap Klaster Gg.Jeruk dan Screening terhadap pelaku perjalanan dilakukan pemeriksaan sampel dan diperoleh hasil tambahan 4 (empat) kasus positif Covid-19," ujar Iswahyudi.

 

"Empat pasien yang baru dinyatakan positif terpapar virus corona itu sudah mendapatkan penaganan medis oleh tim dokter RSUD dr Abdul Rivai," jelasnya.

 

Berikut identitas 4 pasien :

1. Tn.SHN (34 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb Kecamatan Tanjung Redeb merupakan Pelaku Perjalanan dari Kota Balikpapan dengan hasil PCR Positif (Berau 154).

2. Tn.MRJ (38 tahun) dengan alamat Kelurahan Tanjung Redeb Kecamatan Tanjung Redeb merupakan Pelaku Perjalanan dari Kota Balikpapan dengan hasil PCR Positif (Berau 155).

3. Ny.SR (59 tahun) dengan alamat Kelurahan Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb merupakan klaster Gg.Jeruk dengan hasil PCR Positif (Berau156).

4. Tn.AM (52 tahun) dengan alamat Kelurahan Gunung Panjang Kecamatan Tanjung Redeb merupakan transmisi lokal yang belum diketahui sumber penularannya dengan hasil PCR Positif (Berau157).

 

Selain kasus positif tersebut terdapat satu pasien dinyatakan selesai isolasi

dan sembuh dengan identitas pasien sebagai berikut :

1. Tn.SW (63 tahun) dengan alamat kelurahan Bedungun Kecamatan Tanjung Redeb merupakan klaster Gg.Jeruk (Berau 104).

 

"Selain kasus penambahan, kita juga menerima satu hasil sampel telah sembuh dari Covid-19. Sekarang sudah diperbolehkan pulang, namun tetap dalam pemantauan tim medis," pungkasnya.

 

Dengan demikian saat ini kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Berau berjumlah 157 kasus dan 46 kasus masih menjalani perawatan. 

 

Berdasarkan perkembangan kasus positif yang terus meluas maka diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau meningkatkan kewaspadaan dan menerapkan protokol kesehatan sebagaimana berikut:

 

1. Tidak melakukan aktifitas di luar rumah jika tidak terlalu penting.

2. Selalu memakai masker jika keluar rumah dan jaga jarak dengan siapapun.

3. Hindari kerumunan dan aktifitas yang melibatkan orang banyak.

4. Makan makanan bergizi dan cuci tangan sesering mungkin.