Petugas Rutan Klas IIB Tanjung Redeb Bersama Warga Binaan Tes Urine

Praba   03 September 2020

 

 

BERAU - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Tanjung Redeb, Kabupaten Berau melakukan tes urine terhadap warga binaan dan seluruh pegawainya, Kamis (3/9/2020).

 

Tes yang dilakukan Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim ini diikuti 60 pegawai termasuk kepala rutan kelas IIB Tanjung Redeb, Prayitno dan seluruh warga binaan rutan.

 

Kepala bidan Keamanan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur, Didik Heru Sukoco mengatakan. Pemeriksaan urin ini rutin lakukan setiap tahun di Rutan atau Lapas se Kalimantan Timur.

 

"Kami rutin melakukan tes urin sesuai kebutuhan setiap tahun bisa 2 kali tapi kalau itu mendesak Rutan juga bisa melakukan sebulan sekali," jelas Didik.

 

Lanjut Didik mengatakan tes urin bagi pegawai dan warga binaan bisa dilakukan kapan saja terutama jika ada yang dicurigai ada pengguna barang haram tersebut.

 

"Jika ada warga binaan yang dicurigai maka bisa diambil tes urinnya sewaktu-waktu termasuk pegawai jika ada yang terindikasi bisa langsung dilakukan tes urin," pungkasnya.

 

Bagi pegawai yang hasil tesnya positif kata Kabid Keamanan Kanwil Kemenkumham Kaltim itu akan koordinasi dengan badan narkotika Kabupaten selanjutnya dilakukan rehabilitasi atau bisa diberi sanksi disiplin.

 

"Kalau ada yang ditemukan positif kita langsung koordinasi dengan BNN kabupaten yang selanjutnya akan diambil tindakan apakah rehab atau sanksi disiplin," pungkasnya.