Peringati HUT ke-75, PMI Berau Berbagi

Praba   20 September 2020

 

 

BERAU - Palang Merah Indonesia (PMI) Berau tak mau ketinggalan memanfaatkan momen hari jadi ke-75 dengan menggelar berbagai kegiatan. Seperti yang dilakukan Minggu (20/9) tadi, berbagai aktivitas sengaja digelar PMI Berau untuk memperingati hari jadi organisasi yang lahir 17 September 1945 tersebut, tepat satu bulan setelah peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. 

 

Bertempat di Markas PMI Berau, Jalan Pulau Panjang Tanjung Redeb, persis di depan RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb, dilakukan kegiatan bakti sosial dengan memberikan paket sembako. Paket tersebut diberikan kepada imam dan marbot masjid Al Bayyinah yang bersebelahan dengan markas PMI Berau. 

 

Paket sembako juga diberikan kepada pengemudi ojek daring, serta para relawan yang selama ini ikut mendukung sebagai tim satgas Covid19 di Berau. Tak hanya itu, pemberian paket sembako juga diberikan jajaran pengurus PMI Berau, ke kawasan Trans Bangun. 

 

“Total ada 75 paket sembako yang diberikan hari ini. Jumlah paket ini sesuai dengan angka ulang tahun PMI,” sebut Ketua PMI Berau H Agus Tantomo, didampingi Sekretaris PMI Berau HM Hatta Basrie. Agus Tantomo yang masih menjabat wakil bupati Berau ini berharap, meski dilakukan secara sederhana, namun hari jadi PMI tetap memberikan makna tersendiri, apalagi dilakukan di tengah pandemi Covid19 ini. 

 

Terkait dengan berbagai kegiatan yang dilakukan itu, Agus Tantomo berharap relawan PMI terus melaksanakan kegiatan positif. “Tak hanya ketika terjadi wabah seperti ini. Tapi dalam momen apa pun, gerakan berbakti dan kegiatan kemanusiaan harus tetap dijalankan,” ujarnya. 

 

Masih dalam rangkaian HUT PMI, Agus Tantomo dan jajaran pengurus PMI Berau sempat berkunjung ke RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb. Kedatangan Agus Tantomo itu untuk memberikan semangat kepada para dokter dan perawat rumah sakit pelat merah tersebut. Tak lupa, Agus Tantomo membawa bingkisan berupa minuman jus, untuk membantu para petugas rumah sakit agar tetap semangat. 

 

Bertepatan dengan kunjungan ke rumah sakit tersebut, Agus Tantomo juga menyempatkan diri menjenguk kepala Markas PMI Berau Etha Setiawan yang saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit. “Semoga cepat sembuh ya. Semoga operasinya berjalan lancar,” ujar Agus Tantomo memberikan semangat saat menjenguk bersama sebagian pengurus PMI lainnya.  

 

Usai dari rumah sakit umum, Agus Tantomo bersama pengurus, staf dan relawan PMI Berau bertolak menuju Pesantren Al Kholil Sambaliung. Di tempat ini, Agus Tantomo menyerahkan sumbangan dari PMI Berau berupa 5 dus minyak goreng. 

 

Dari Sambaliung, kegiatan dilanjutkan ke daerah Kampung Trans Bangun. Agus Tantomo bersama tim memberikan sumbangan paket sembako ke beberapa warga yang kurang mampu. Kontan saja bantuan itu diterima dengan semringah oleh masyarakat. 

 

Terakhir, kegiatan dilakukan di Pasar Senja Bangun. Di lokasi ini, Agus Tantomo yang juga sebagai wakil ketua Tim Gugus Tugas Covid19, melakukan sosialisasi Perbup No. 52 ke masyarakat di pasar tersebut. “Minggu depan, kalau kedapatan tidak pakai masker, sudah kena sanksi,” sebut Agus. 

 

Tim relawan PMI Berau bersama jajaran pengurus dan staf juga ikut serta melakukan sosialisasi. Tak hanya, warga yang tidak mengenakan masker juga diberi masker oleh Agus Tantomo dan tim PMI Berau. “Minta juga maskernya pak, biar bisa ganti-ganti,” ucap pedagang sayur pada Agus Tantomo. Pedagang ini pun langsung diberi masker berwarna merah dengan logo PMI tersebut. 

 

Usai sosialisasi dan membagi masker, Wabup Agus Tantomo juga memanfaatkan momen tersebut untuk berbelanja sayur untuk kebutuhan di rumah. Begitu juga pengurus PMI lainnya. “Ya ini sosialisasi sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat,” pungkas Agus Tantomo.