Pemkot Balikpapan Tutup Sementara Pasar Muara Rapak

Praba   29 July 2020

BALIKPAPAN-Menindak lanjuti 17 pedagang pasar Muara Rapak terkonfirmasi positif. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Balikpapan, akan melakukan penutupan sementara Plaza Muara Rapak dan Pasar Muara Rapak, selama 3 (tiga) hari, mulai Jumat, (31/7/2020) selama 3 hari Balikpapan, Rabu (29/7/2020).

 

Walikota Balikpapan Rizal Effendi menyampaikan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, akan menjemput 17 orang tersebut, untuk pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit dan menjalani perawatan.

 

"Gugus Tugas juga akan kembali melaksanakan swab test massal di Pasar Muara Rapak, karena ada penambahan pedagang terkonfirmasi positif COVID-19. Sehingga, pemkot Balikpapan, akan menutup sementara Pasar Muara Rapak," katanya. 

 

"Penutupan bisa diperpanjang, jika dari hasil tes Swab PCR 109 pedagang Pasar Muara Rapak ada penambahan terkonfirmasi positif COVID-19," ungkap Rizal Effendi. 

 

"Selama penutupan tidak ada aktivitas jual beli karena lokasi pasar dan area Plaza Rapak, akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan. Serta sterilisasi guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," jelasnya. 

 

"Penutupan Pasar Muara Rapak dan Plaza Rapak akan dilakukan mulai Jumat ini, bertepatan dengan Idul Adha," jelasnya.

 

"Semua akan ditutup dan dilakukan penyemprotan disinfektan, penutupan bisa diperpanjang jika jumlah yang terkonfirmasi positif COVID-19 bertambah banyak," tuturnya.

 

"Pihaknya masih menunggu sebagian hasil dari swab test massal pertama pedagang Pasar Muara Rapak yang masih diperiksa di LABKESDA (Laboratorium Kesehatan Daerah) Provinsi Kaltim," pungkasnya. (ay)