Pemerintah Minta Warga Taati Protokol Kesehatan

Yoyo   07 September 2020

KUKAR - Pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung dan tidak diketahui kapan berakhir sudah menimbulkan banyak kasus hingga memakan korban jiwa. Masyarakat juga dihadapkan dengan adaptasi perilaku kenormalan baru dalam aktivitas kehidupan sosial sehari – hari di tengah pandemi COVID-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menjaga kebersihan badan terutama tangan.

Namun dalam adaptasi kenormalan baru ini masih saja beberapa pihak enggan melakukan perilaku tersebut, sehingga adanya potensi penyebaran virus COVID-19 di tengah – tengah masyarakat.

Untuk itu melalui gelar pasukan ini dilakukan untuk melihat kesiapan seluruh personil dalam mensosialisasikan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan COVID-19,  sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 54 tahun 2020, menindaklanjuti dari Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 6 tahun 2020, Tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19.

“ Saya harap masyarakat bisa membantu dalam upaya pencegahan virus COVID-19 dengan cara mematuhi apa yang diatur oleh Pemerintah ,” kata Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah.

Edi Damansyah juga mengapresiasi pihak Kodim 0906 Tenggarong yang melakukan sosialisasi dengan mengedepankan kearifan lokal, yakni menggunakan baju seragam dengan aksesoris pakaian adat di atas kereta kuda.

Sanksi yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara juga dinilai lebih ringan tidak berbentuk denda berupa nominal uang, namun lebih kepada sanksi sosial yang diharapkan bisa lebih mengedukasi masyarakat.