Peletakan Batu Pertama Kantor Samsat oleh Gubernur Kaltim

Praba   25 September 2020

KUKAR - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor melakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan Kantor Samsat Teluk Dalam di kecamatan Tenggarong Seberang,  Kamis (24/9/2020).

Pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari dihibahkannya aset berupa tanah, milik Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan luas  2.900 m2 untuk pembangunan Kantor Samsat.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyampaikan bahwa pembangunan ini bagian dari mempermudah pelayanan bagi masyarakat, sehingga masyarakat menjadi lebih mudah dan dekat, untuk membayar maupun melaksanakan kewajibannya ke daerah karena berdirinya kantor samsat teluk dalam ini.

“ Harapannya bangunan ini bisa segera selesai sesuai perencanaan dan kualitas yang diinginkan, “ kata Isran Noor.

Bangunan ini menjadi sebuah investasi dari pemerintah daerah dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan daerah,  terlebih kawasan kecamatan Tenggarong Seberang ini kedepan menjadi wilayah yang berkembang  dan strategis pembangunan di Kalimantan Timur.

Selain itu peran jajaran pemerintah hingga kecamatan dan desa juga diperlukan terkait sosialisasi pembayaran pajak, agar potensi pajak di kecamatan tenggarong seberang dan kecamatan sekitarnya bisa terserap dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menyambut baik percepatan pembangunan ini dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan tenggarong seberang dan kecamatan sekitarnya.

“ Dengan terbangunnya Kantor Samsat ini bisa  meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui sektor pajak, dengan potensi sebesar Rp. 8 hingga Rp 9 Miliar pertahun,” jelas Sunggono, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pembangunan gedung Kantor Samsat Teluk Dalam ini dibangun dengan anggaran sekitar Rp. 4 miliar,  rencananya memiliki 2 lantai dengan waktu pengerjaan pembangunan selama 105 hari  atau di targetkan di akhir bulan Desember 2020 mendatang bisa selesai.