Pasien Terakhir Kluster Gowa di Kukar Sudah Sembuh

Praba   25 June 2020

 

 

 

 

 

 

 

KUKAR - Sebanyak 2 orang pasien kembali dinyatakan sembuh setelah menjalani uji swab tenggorok 2 kali berturut - turut. Pasien tersebut diidentifikasi sebagai KK-20 berusia 19 tahun jenis kelamin laki-laki, dari Kecamatan Kenohan dan  KK-61 berusia 12 tahun jenis kelamin perempuan dari Kecamatan Loa Janan.


Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid -19 Kutai Kartanegara, dr. Martina Yulianti menjelaskan untuk pasien KK-20 merupakan pelaku perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan dengan kesembuhan KK-20 maka untuk kluster Gowa di Kukar sudah selesai.

" Dengan kesembuhan KK-20, maka dianggap putus mata rantai penularan dari pelaku perjalanan Gowa ," kata dr. Martina Yulianti, dalam press rilis melalui video conference, Rabu (24/6/2020) malam.

Tercatat KK-20 menjalani masa isolasi selama 57 hari, dengan 12 kali uji swab tenggorok,  yang bersangkutan pada uji swab ke-6 hasilnya negatif tetapi uji swab ke-7 sampai ke-10 kembali positif, sehingga belum bisa dinyatakan sembuh, kemudian pada uji swab 11 serta 12 didapat hasilnya negatif berturut-turut dan dinyatakan sembuh.

Dengan berita kesembuhan ini maka  tercatat kasus terkonfirmasi positif Covid-19  di Kutai Kartanegara adalah  66 kasus, yang terdiri dari 3 orang sedang menjalani karantina dan  63  kasus lainnya dinyatakan telah sembuh.