Masuk Bontang Wajib Disemprot Disinfektan

Praba   26 March 2020

BONTANG - Pemkot dan Kepolisian lakukan penyemprotan desinfektan di Terminal dan jalur masuk Kota Taman. Kegiatan ini dilaksanakan untuk pencegahan penyebaran virus corona. Adanya satu warga Bontang yang dinyatakan positif dan satu pasien positif berasal dari Kutai Timur (Kutim) yang tengah dirawat di RSUD Bontang membuat kesiagaan harus dilakukan.

Puluhan kendaraan roda empat dan dua yang menuju Bontang harus diberhentikan sementara. Proses penyemprotan oleh enam petugas dinkes sebagai proses netralisasi dari wabah corona.

Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Watimena mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai turut sertanya menjaga Kota Taman agar tetap kondusif. "Ini salah satu cara untuk pencegahan penularan. Terutama yang masuk ke Bontang," ucapnya.

Penyemprotan desinfektan tersebut diawali dari terminal yang berada di kilo enam Bontang. Dia menambahkan, penyemprotan akan dilakukan secara berkala dengan menyasar tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat.

Di lokasi yang sama, Kadishub Bontang Kamilan menerangkan, kegiatan pencegahan akan berlanjut pada Kamis (26/3) pihaknya akan menyasar Asosiasi Travel Bontang (ATB). "Sesuai dengan tugas. Kami menyasar angkutan umum dan pribadi," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar di setiap angkutan umum memiliki hand sanitizer. Dia menjelaskan, cairan ini tidak hanya diperuntukan dalam situasi saat ini, melainkan kedepannya harus tetap diadakan. "Saat ini kami mewajibkan agar cairan tersebut ada," ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Bontang Muhammad Ramsi menyatakan, menurunkan satu tim dengan tiga pengawas dengan penyemprot lima orang.
Lalu, amankah desinfektan yang digunakan jika disemprotkan dalam mobil dan mengenai wajah?

Dia menjelaskan, ukuran pencampuran desinfektan sesuai dengan ketentuan yang ada sehingga tidak perlu khawatir. "Yang terpenting saat disemprot diharapkan  tutup mata dan hidup. Dua indra ini sangat sensitif," singkatnya.

Tak hanya itu, gedung DPRD Bontang terletak di Kelurahan Bontang Lestari pun disemprot cairan disinfektan, Senin (23/3/2020). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi wabah penyebaran covid-19 alias Virus Corona di Kota Bontang.

"Dalam rangka pencegahan Virus Corona, kebetulan dari Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan, kami dari DPRD Bontang juga minta dilaksanakan di sini," kata Sekretaris DPRD Bontang, Lukman melalui sambungan telepon.

Sebanyak 6 personel relawan PMI turun melakukan penyemprotan disinfektan di kantor DPRD Bontang. Kata dia, agenda kedewanan untuk sementara waktu dikosongkan hingga waktu yang belum ditentukan.

"Tadi subuh sudah izin ke Bunda (Wali Kota Bontang) bahwa tim relawan PMI akan melakukan penyemprotan disinfektan di kantor DPRD," bebernya.