Kukar Miliki Alat Baru Penguji Swab RT- PCR

Praba   05 July 2020

KUKAR - Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara kembali kedatangan alat baru untuk penguji hasil swab yakni Reverse Transcription  Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Alat yang baru tiba dan digunakan selama  sepekan ini menemani alat penguji swab yang dimiliki sebelumnya yaitu Tes Cepat Molekuler (TCM) di ruang laboratorium biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Muhammad Parikesit Tenggarong Seberang.

“ Untuk TCM bisa memeriksa maksimal 2 sampel secara bersamaan dalam waktu 2 jam dan untuk RT-PCR mampu memeriksa hingga 96 sampel secara bersamaan, dengan  memakan waktu hingga 4 sampai 5 jam, jadi dalam sehari laboratorium bisa mengecek hingga 200 sampel per harinya,” jelas Kepala Instalasi Laboratorium RSUD. AM parikesit, dr Edison Harianja. Minggu (5/7/2020)

Untuk pengadaan RT-PCR ini dibeli melalui pengadaan yang bersumber dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kukar. Selain untuk pemeriksaan COVID-19, alat ini juga bisa digunakan untuk pemeriksaan penyakit menular lainnya seperti HIV/AIDS, Hepatitis-B dan lainnya.

Nantinya alat TCM yang dibeli oleh BLUD RSUD AM. Parikesit akan digunakan untuk pemeriksaan mandiri dan berbayar, sementara itu untuk RT-PCR digunakan untuk pemeriksaan penderita COVID-19, swab massal dan sejumlah keperluan pelacakan kasus COVID-19.

“ Alat ini juga nantinya bisa melayani pengujian sampel yang berasal dari Provinsi Kaltim atau daerah lainnya,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kukar sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kutai Kartanegara, dr. Martina Yulianti.

Pemerintah Kutai Kartanegara berharap dengan hadirnya alat ini bisa lebih cepat memproses penanganan kasus COVID-19 di Kukar, pengadaan alat ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah melalui RSUD AM. Parikesit dalam menyediakan fasilitas yang memberikan kepastian kepada masyarakat.