Korem 091/ASN Bantu Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Masyarakat

Praba   23 September 2020

 

 

Samarinda  -- Tingginya kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kaltim dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjaga diri dan keluarga, memaksa Komando Tugas Gabungan Terpadu  (Kogasgabpad) Korem 091/ASN turun ke lapangan.

Tim Kogasgabpad ini  menegakkan disiplin masyarakat dalam mengenakan masker dan tidak berkumpul di malam hari sesuai dengan jam pembatasan malam Perwali Samarinda tentang Protokol Kesehatan.

Tim Kogasgabpad membubarkan sejumlah kerumunan orang dan mempersilahkan warga untuk pulang dan tidak melakukan aktivitas di atas jam 22.00 Wita.

Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro didampingi oleh Kapenrem Kapten Arh Azrul Azis menuturkan, patrol gabungan ini tidak hanya sebagai himbauan kepada masyarakat, namun meminta warga untuk melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan tidak berkumpul.

“Wajib memakai masker bila keluar rumah atau melaksanakan aktivitas diluar rumah menjadi suatu keharusan dan penekanan bagi seluruh masyarakat,” ujarnya saat patroli pada Selasa malam (22/9/2020).

Tidak saja mengimbau dan mendisiplinkan warga, Tim Kogasgabpad juga membagikan ratusan masker secara gratis kepada warga yang tidak memakai masker.

Titik utama patroli dilakukan di beberapa titik yaitu kawasan Citra Niaga, Pusat Perbelanjaan Samarinda Central Plaza (SCP) Jalan Pulau Irian,  Jalan Pelabuhan, Jalan Merbabu Kelurahan Kampung Jawa dan sepanjang Jalan Awang Long.

Pelaksanaan kegiatan himbauan ini rencananya akan dilakukan setiap hari dengan harapan untuk menyadarkan masyarakat Kota Samarinda yang belum melaksanakan protokol kesehatan di tengah wabah pandemi Covid 19.

Hingga Selasa, 22 September 2020, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Samarinda menurut data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, ada 1.916 orang telah terpapar virus berbahaya ini. Sedangkan pasien yang sembuh  berjumlah 1.276 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 80 orang.

Dengan hasil ini, kasus Positif Covid-19 di Kaltim sebanyak 7.068 orang, pasien sembuh sebanyak 4.680 pasien, yang saat ini sedang dirawat berjumlah 2.111 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 277 orang.(YUL/Foto:Istimewa)