Kabupaten PPU Kembali Salurkan BLT DD Dampak Covid-19

Praba   03 July 2020

 

 

PPU---Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi warga miskin terdampak Covid-19 untuk tahap ketiga, untuk 2.464 keluarga penerima manfaat (KPM) di 30 desa yang tersebar pada empat kecamatan di PPU.

 

"Kemarin kami sudah mulai menyalurkan BLT DD tahap ketiga, bahkan saat penyaluran BLT DD di Desa Gunung Mulia juga disertai penyerahan kloset bagi 56 KK yang belum memiliki WC," ujar Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU, Nurbayah di Penajam, Jumat.

 

Menurutnya, penerima BLT DD mengacu pada beberapa hal, seperti sasaran KPM adalah dari keluarga miskin non-Program Keluarga Harapan (PKH), non-Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), non-Kartu Pekerja, dan keluarga yang kehilangan mata pencaharian.

 

Kemudian keluarga yang belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki anggota keluarga yang rentan sakit atau memiliki penyakit kronis menahun.

 

Penyaluran BLT DD tahap ketiga yang dimulai dari Desa Gunung Mulia di Kecamatan Babulu, diperuntukkan bagi 40 KPM, namun yang tersalur sebanyak 39 KPM karena ada satu KPM yang mengundurkan diri per tanggal 1 Juli 2020.

 

Ia juga mengatakan bahwa bukan hanya KPM dari Desa Gunung Mulia yang mengundurkan diri dari calon penerima BLT DD, tapi juga ada dari desa lainnya, seperti Desa Rintik dan Desa Labangka Barat di Kecamatan Babulu.

 

Ada juga dari Desa Sukomulyo, Tengin Baru, Semoi Dua, Bukit Raya, dan Desa Binuang di Kecamatan Sepaku. Kemudian KPM di Desa Bangun Mulyo, Kecamatan Waru, juga ada beberapa KPM yang mundur dari daftar penerima BLT DD.

 

"Sejumlah KPM dari sembilan desa yang mengundurkan diri dari daftar penerima BLT DD itu karena beberapa alasan, ada yang rumahnya tidak mau dipasang stiker keluarga miskin, kemudian ada yang namanya sudah terdaftar menerima bantuan dari Kemensos," ucap Bayah.

 

Sementara Ramang, Tenaga Ahli Bidang Pembangunan Partisipatif pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten PPU, mengatakan bahwa penyaluran BLT DD tahap ketiga akan dituntaskan di bulan ini.

 

"Data KPM BLT DD memang selalu berubah karena ada yang bertambah dan ada yang mundur. Sedangkan data terakhir, memang jumlah penerimanya sekarang ada 2.464 KPM, sementara yang sudah tersalurkan di pekan ini adalah KPM di tiga desa, yakni Desa Tengin Baru, Gunung Mulia, dan Desa Gunung Intan," ucap Ramang. (mg)