HUT TNI Ke – 75, Tingkatkan Sinergitas Penanganan COVID-19

Yoyo   14 October 2020

KUKAR –  Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 75 di Kabupaten Kutai Kartanegara berlangsung di markas Kodim 0906 Tenggarong pada Senin pagi (5/10/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya , di tengah pandemi COVID -19 ini pelaksanaan upacara peringatan berlangsung secara virtual, dengan menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker serta menjaga jarak yang langsung terhubung dengan pelaksanaan upacara di Istana Negara di Jakarta.

“ Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke-75. Hari Ulang Tahun TNI ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI di manapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia," kata Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara di Istana Negara dalam sambutannya.

Presiden Joko Widodo menambahkan perjalanan panjang TNI sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara. Menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila & UUD 1945. Serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam peringatan HUT TNI ke 75 tahun 2020 ini mengangkat tema Sinergi Untuk Negeri, Kodim 0906 Tenggarong yang memiliki wilayah teritorial di kabupaten Kutai Kartanegara diharapkan bisa terus bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Polres Kukar dan seluruh pihak guna mewujudkan solidaritas di tengah memerangi pandemi COVID-19.

“ Apa yang sudah disampaikan dan diamanatkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia bahwa tema yang diangkat pada tahun 2020 ini adalah Sinergi Untuk Negeri, dengan merefleksikan bagaimana TNI harus mengedepankan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik untuk mewujudkan sinergitas,untuk memerangi pandemi COVID-19” jelas Komandan Kodim 0906 Tenggarong, Letkol Inf. Charles Alling.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar yang turut hadir dalam upacara peringatan secara virtual ini mengucapkan selamat kepada keluarga besar TNI, dirinya menyebutkan bahwa peran TNI dalam membantu pemerintah melawan COVID -19 sangat besar, terlebih pada hal mendisiplinkan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“ Sangat besar perannya, begitu kurva (COVID-19) naik, pemerintah melibatkan peran TNI di semua lini, guna mengurangi dan mendisiplinkan masyarakat,” kata Chairil Anwar.

Sementara itu Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Irwan Masulin Ginting berharap kedepan TNI bisa terus bersinergi khususnya dengan Polri, dengan yang sudah dilakukan saat ini dalam memerangi COVID-19 untuk bisa terus ditingkatkan.

“ Kedepan harapan kita untuk TNI ini semakin sinergi khususnya dengan Polri, maupun Pemerintah Daerah dan masyarakat, apa yang sudah terjalin bisa ditingkat untuk Indonesia maju,” jelas AKBP Irwan Masulin Ginting.

Peringatan Upacara HUT TNI ke 75 ini juga turut dihadiri oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhamammad Arifin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Ketua Pengadilan Negeri Tenggarong Didit Pambudi Widodo, dan Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Kukar.