Dua Pekan Kasus Covid-19, Balikpapan Mengalami Penurunan

Praba   13 September 2020

 

 

BALIKPAPAN-Review Pekan Kedua September 2020, penurunan kasus terkonfirmasi positif dan meninggal dunia. 

 

Jumlah kasus terkonfirmasi positif dan meninggal dunia di kota Balikpapan pada pekan kedua September 2020 mengalami penurunan jika dibandingkan pada pekan pertama. 

 

Sepanjang 6-12 September, kasus terkonfirmasi positif sebanyak 238.

 

Sementara pada 31 Agustus - 5 September jumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 370. Secara persentase, penurunan kasus dari pekan pertama ke pekan kedua sebanyak 35,67 persen.

 

Meski secara jumlah terkonfirmasi positif mengalami penurunan, namun terdapat peningkatan pada kasus kelompok usia balita atau usia 0-5 tahun dari pekan pertama sebanyak 5 kasus menjadi 8 kasus. 

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty menyampaikan, kenaikan kasus pada balita ini dari munculnya klaster keluarga. Secara nasional penularan klaster keluarga juga sudah diwanti-wanti oleh pemerintah pusat.

 

Di Balikpapan jumlah klaster keluarga selama pandemi sudah mencapai 108. 

 

"Kami sendiri sudah mengimbau pada setiap kasus tanpa gejala untuk menjalani isolasi mandiri tidak di rumah jika terdapat lansia, balita, dan wanita hamil. Saat ini sebagian rumah sakit juga sudah melakukan adaptasi untuk melayani ibu hamil yang terkonfirmasi positif," ujar Andi Sri Juliarty.

 

Kemudian, jumlah yang selesai isolasi masih lebih tinggi pekan pada pekan pertama sebanyak 212 kasus, sedangkan pada pekan kedua sebanyak 182 kasus.

 

Untuk jumlah kasus meninggal dunia pada pekan kedua September mengalami penurunan dari 17 kasus menjadi 13 kasus. (ay)