Dari Samarinda, Gubernur Kaltim Buka Visit Kaltim Fest 2020

Praba   27 September 2020

 

Penajam Paser Utara – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur mempersembahkan virtual event bertema “Dari Ibu Kota Negara untuk Indonesia”. Event ini merupakan kegiatan pariwisata yang bersifat virtual saat pandemi Covid-19 saat ini.

Gubernur Kaltim, Isran Noor dalam sambutan yang juga dilakukan secara virtual mengatakan,  sejak ditetapkannya Kaltim sebagai calon ibu kota negara baru, besar harapan masyarakat Kaltim untuk sejajar dan mengejar ketertinggalan pembangunan dari daerah-daerah lain.

Penetapan IKN, ujar gubernur,  semakin membangkitkam semangat baru untuk membangun Kaltim yang memiliki SDA yang melimpah ruah, sebagai penyumbang devisa negara dari SDA.

Hari ini dari tanah IKN, Pemprov  Kaltim menyapa masyarakat Indonesia dalam Visit Kaltim Festival. Sebuah event  dimana sebagai refresentasi Kaltim sebagai ibu kota negara yang juga diliputi oleh kekhasan budaya dan seni.

“Saya mengapresiasi bagi delegasi dari dalam dan luar Kaltim di masa adaptasi kebiasaan baru. Jadikan momentum ini sebagai cara untuk mengangkat Kaltim dalam pergaulan kreasi seni nusantara. Saya juga mengucapkan Selamat Hari Pariwisata Dunia 27 September 2020. Selamat dan sukses, maju pariwisata Kaltim untuk Kaltim Berani Berdaulat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni mengatakan kegiatan pariwisata secara virtual ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan untuk menyiasati pandemi Covid-19, dimana pemerintah melarang orang untuk berkumpul.

“Kegiatan ini selain untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada tanggal 27 September, kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Dinas Pariwisata. Karena masih pada masa pandemi, kita berinovasi dengan penyelenggaraan festival secara virtual saja,” ujarnya saat pembukaan Visit Kaltim Fest 2020, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Minggu (27/9/2020).

Dipilihnya Penajam Paser Utara sebagai tempat penyelenggaraan festival adalah untuk memperkenalkan kabupaten yang akan menjadi lokasi pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia.

Rangkaian kegiatan Visit Kaltim Festival 2020 dimulai dengan kreasi seni tari dari berbagai kota di Kaltim. Kemudian dilaksanakan Susur Sungai Tunan di Kecamatan Waru pada Jumat dan puncak acara pembukaan. Rangkaian terakhir Virtual Visit Kaltim selain dialog seni juga ditutup pada kegiatan seni di Desa Miau Baru, Kabupaten Kutai Timur.(YUL)