Corona Merebak, Disdukcapil Paser Buka Pelayanan Via Whatsapp

Praba   26 March 2020

Tana Paser - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Paser membuka pelayanan via Whatsapp di tengah merebak virus Corona atau Covid-19. Pelayanan melalui whatsapp diantaranya  pengurusan BPJS, dan Pendaftaran TNI dan Polri

“Untuk mengubah data, dan pelayanan  mengurus BPJS, RS dan pendaftaran  TNI-Polri bisa  diurus melalui  whatapp saja," kata Kepala Diadukcapil Paser Suwardi, Selasa (24/03/2020).

Pelayanan dalam jaringan (daring) atau secara online, dilakukan Disdukcapil Paser sebagai tindaklanjut edaran pemerintah yang memberlakukan work from home, dan membatasi warga untuk mencegah penyebaran Covid. Pelayanan pun dipersingkat hanya sampai setengah hari.

"Untuk  mencegah penyebaran virus Covid, saat ini kami membuka pelayanan  sampai  jam 12  siang saja untuk pembuatan  KTP,” ujar Suwardi.

Suwardi mengatakan saat  jam pelayanan Disdukcaapil telah menyediakan wastafel dan antiseptik untuk mencuci tangan.

"Kami siapkan untuk menjaga kebersihan wastafel dan antiseptik bagi warga," Ujarnya.

Diakuinya, saat ini jumlah warga yang mengurus administrasi kependudukan tidak sebanyak pada hari normal. 

Sebelumnya kata Suwardi pelayanan di Disdukcapil per hari bisa mencapai 400 orang namun sekarang hanya 200 orang per harinya.

"Saat ada himbauan dari pemerintah jumlah pengurus menurun sekitar 100 orang sampai 200 orang perharinya orang" ucap Suwardi.