ASN Bontang Wajib Netral di Pilkada!

Praba   22 September 2020



Bontang – Pesta demokrasi sebentar lagi dihelat. Penyelenggara pemilu dan pemerintah dalam hal ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berupaya agar partisipasi pemilih dapat maksimal. Termasuk di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Senin (21/9/2020) Kesbangpol menggelar sosialisasi partisipasi ASN dalam pemilihan calon wali kota dan wakil wali kota, di Auditorium 3 Dimensi.

76 perwakilan ASN yakni sekretaris dan Kasubag Umum di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menjadi peserta dalam sosialisasi tersebut.

“Harapannya mereka yang hadir hari ini bisa menyampaikan ke ASN lainnya di kantor OPD masing-masing,” kata Kepala Kesbangpol Bontang Sony Suwito.

Disampaikan Sony, ada tiga poin penting pelaksanaan sosialisasi tersebut. Yakni netralitas ASN, partisipasi dalam Pilkada, hingga pemahaman mengenai kerawanan pelanggaran protokol kesehatan di tengah pandemi, saat pelaksanaan Pilkada.

“Euforia dukungan terhadap dua pasangan calon yang dipastikan maju dalam Pilkada Bontang, juga tak bisa dihindari. Makanya ditekankan harus netral,” tegasnya.

Sementara Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang membuka sosialisasi berpesan kepada seluruh ASN agar bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, dengan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada Desember nanti.

“Saya rasa seluruh ASN maupun masyarakat sudah dewasa dalam berpolitik. Makanya matk sama-sama sukseskan Pilkada, jaga kondusifitas dan netralitas,” katanya saat memberikan sambutan.


Hadir sebagai narasumber dari KPU, Bawaslu, Inspektorat, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). (*)