Antisipasi Penyebaran Covid-19, PMI Berau Semprot Gang Bambu

Praba   23 September 2020

 

 

BERAU -  Palang Merah Indonesia (PMI) Berau melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan gang yang ada di wilayah RT 16, Kecamatan Tanjung Redeb, Rabu (23/9).

 

Penyemprotan tersebut merupakan instruksi dari Ketua PMI Berau, H Agus Tantomo atas permintaan warga, setelah sebelumnya ada warga Jalan SA Maulana, Gang Bambu meninggal dunia akibat Covid-19.

 

“Sesuai permintaan warga melalui ketua PMI, kami langsung melakukan survei ke lokasi untuk penyemprotan,” sebut Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Berau Yudhi Rizal.   

 

Dari survei yang dilakukan, akhirnya diputuskan untuk melakukan penyemprotan secara manual, karena kendaraan kurang maksimal juga masuk gang tersebut. 

 

Penyemprotan dilakukan dengan dua armada, masing-masing bus dan mobil dobel kabin, PMI Berau menurunkan 12 personel. Dari mulai petugas penyemprotan hingga tim dokumentasi dan promosi kesehatan. 

 

Ketua Bidang Relawan PMI Berau Endro S. Efendi didampingi koordinator tim penyemprotan Deddy yang turun ke lokasi menyampaikan, seluruh kawasan Gang Bambu tersebut tak luput dari penyemprotan. 

 

“Termasuk yang di lorong dan rumah yang lokasinya di belakang, juga kita semprot,” sebut Endro. Proses penyemprotan memakan waktu hanya sekitar 30 menit. 

 

Dari informasi yang dihimpun, gang tersebut terdapat 37 rumah dan dihuni 148 jiwa dari 40 kepala keluarga. 

 

Saat melakukan penyemprotan, tim PMI sempat melihat warga yang bersiap ke luar rumah, tanpa mengenakan masker. Dengan santun, tim PMI pun melakukan sosialisasi Perbub No. 52 tentang penegakan disiplin protokol kesehatan. 

 

“Tolong pakai masker bu, nanti kalau ada petugas melihat bisa kena denda,” ujar Sugianto, staf PMI yang ikut dalam penyemprotan tersebut.