511 ODP yang harus dilakukan masa observasi di rumah.

Praba   26 March 2020

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan terus melakukan upaya antisipasi agar Covid-19 atau virus Corona tak menyebar luas. Salah satu upaya antisipasi ini dilakukan dengan cara menyemprot disinfektan di beberapa tempat seperti rumah ibadah, sekolah, maupun fasilitas umum lainnya.

Selain itu, hal lain yang telah dilakukan pemerintah kota yakni telah menyiapkan dua rumah untuk menampung ODP virus Corona. Dua rumah tersebut merupakan satu hotel dan satu guest house yang telah disewa pemkot dengan kapasitas 40 kamar.

"Kalau untuk guest house bisa sekira 15-20 kamar, kalau hotel ada 20 kamar, jadi ada sekira 40 kamar untuk ODP yang observasi rumah," kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Selasa (24/3).

Rizal mengaku pihaknya saat ini tengah mengkonfirmasi kembali terkait penggunaan embarkasi haji sebagai tempat karantina pasien ODP. Sebab di Jakarta, ia melihat Menteri Agama telah meninjau lokasi embarkasi haji yang berada di daerah Pondok Gede untuk dijadikan tempat karantina.

"Kita siapkan juga mudah-mudahan disetujui untuk embarkasi haji karena embarkasi haji punya kamar lebih banyak. Sehingga nanti kita jadi punya 3 tempat observasi," tandasnya.