22 Desa di PPU Gelar Pemilihan Anggota BPD

Praba   03 September 2020

 

 

Sebanyak 22 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk periode 2020-2026, dengan biaya pemilihan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) masing-masing desa.

 

“Pemilihannya dilakukan di bulan Agustus hingga September ini dengan pemilihan anggota BPD yang pertama dilakukan di Desa Rawa Mulya, Kecamatan Babulu, pada Sabtu, 28 Agustus lalu,” ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU Alimuddin di Penajam, Kamis.

 

Saat ini sejumlah desa masih terus melalukan pemilihan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, hingga jadwal yang terakhir akan berlangsung pada pecan keempat September ini di sejumlah desa di Kecamatan Sepaku.

 

Ia meminta semua lapisan masyarakat turut mengawasi proses pemilihan anggota BPD, karena peran BPD sangat menentukan perkembangan desa. Kemudian untuk proses pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS) wajib menerapkan protokol kesehatan demi pencegahan penularan Covid-19.

 

Ia menegaskan bahwa kursi antrean di TPS dibatasi maksimal 20 kursi, dengan tujuan agar tidak terjadi kerumunan massa yang berpotensi terjadinya penularan Covid-19, sehingga selebihnya menunggu di luar area TPS dengan tetap menjaga jarak.

 

Menurutnya, proses pemilihan anggota BPD di Desa Rawa Mulya menggunakan sistem langsung, seperti layaknya Pemilu (pemilihan umum), sementara mekanisme pemilihan ditentukan berdasarkan hasil rapat desa dengan melihat situasi dan karakteristik wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Desa Rawa Mulya, Suyana mengatakan bahwa Desa Rawa Mulya telah selesai melakukan pemungutan suara untuk memilih anggota BPD. Pemilihannya dilakukan pada Sabtu, 28 Agustus.

Saat pemilihan lalu, setiap warga yang hendak menyalurkan suaranya di bilik suara diwajibkan memakai alat pelindung diri (apd) berupa masker. Sedangkan di tiap tempat pemungutan suara disiapkan tempat cuci tangan berikut sabunnya.

Sebelum dan sesudah masuk ke TPS, maka pemilih diwajibkan mencuci tangan dan memperhatikan jarak aman, sehingga baik di luar maupun di dalam TPS tidak tampak adanya antrean panjang, karena sebelumnya warga sudah mendapat sosialisasi untuk menjaga jarak aman antara yang satu dengan lainnya.

Pemilihan terbagi menjadi tiga tempat, yaitu TPS 1 berada di Dusun Satu, TPS 2 berada di Dusun Dua, dan TPS 3 berada di Dusun Tiga.

Pengawalan oleh pihak kepolisian dan TNI serta Linmas yang selalu mengimbau warga untuk tetap mengikuti protokol kesehatan serta tidak ada keributan, sehingga pemilihan ini berjalan dengan tertib dan lancar.

Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), kemudian Camat Babulu pun ikut mendampingi berjalannya pemilihan anggota BPD ini.

Pada pemilihan BPD di Desa Rawa Mulya tercatat ada 12 calon anggota. Mereka terdiri atas keterwakilan perempuan sebanyak 3 orang calon, keterwakilan wilayah Satu ada 3 orang calon, keterwakilan wilayah Dua ada 4 orang, dan keterwakilan wilayah Tiga ada 2 calon.

“Sedangkan jumlah pemilih tetap (DPT) yang terbagi di tiga wilayah pilihan mencapai 1.254 orang, dengan rincian di TPS 1 tercatat ada 391 DPT, TPS 2 ada 319 DPT, dan TPS 3 ada 344 DPT. Kami bersyukur karena proses pemilihan berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apa pun,” kata Suyana. (mg)